Jumat, 16 September 2011

Pengertian/Definisi dari Resiko



Kecelakaan dapat terjadi dikarenakan adanya tindakan yang tidak aman dan kondisi yang tidak aman. Resiko mempunyai dua dimensi, yaitu peluang atau probabilitas dan akibat atau konsekuensi dari resiko. Peluang atau probabilitas diartikan sebagai kemungkinan terjadinya suatu kecelakaan atau kerugian ketika terpapar dengan suatu bahaya. Sedangkan akibat atau konsekuensi diartikan sebagai tingkat keparahan atau kerugian yang mungkin terjadi dari suatu kecelakaan akibat bahaya yang ada. Hal ini bisa terkait dengan faktor manusia, properti, lingkungan maupun hal-hal lainnya.
Suatu penilaian resiko haruslah mempertimbangkan kedua dimensi resiko tersebut. Penilaian resiko sebaiknya dilakukan juga dengan seobjektif mungkin. Oleh karena itu di dalam melakukan penilaian resiko, diperlukan informasi-informasi yang berkaitan dengan resiko pada suatu aktifitas seperti informasi tentang suatu aktifitas, misalnya terkait durasinya atau frekuensi kegiatan, lokasi kegiatannya ataupun siapa yang melaksanakan, serta sifat-sifat dari material dan bahan yang digunakan, bisa berupa Material Safety Data Sheet (MSDS).
Resiko menurut beberapa pihak, dapat didefinisikan sebagai berikut:
Ronny Kountur, D.M.S, Ph.D (dalam bukunya Manajemen Resiko Operasional)  
Resiko didefinisikan sebagai kesempatan untuk terjadinya cidera atau kerugian dari suatu bahaya atau kombinasi dari kemungkinan dan akibat resiko.
OHSAS 18001:2007:
Resiko didefinisikan sebagai kombinasi dari kemungkinan suatu kejadian berbahaya terjadi atau terpapar keadaan berbahaya dan keparahan dari cidera atau gangguan kesehatan yang disebabkan oleh kejadian berbahaya atau paparan dari keadaan berbahaya.
Sedangkan definisi bahaya menurut OHSAS 18001:2007 adalah sumber, situasi atau tindakan yang menyebabkan kerugian bagi manusia, baik yang bisa menyebabkan luka-luka, gangguan kesehatan ataupun kombinasi dari keduanya.  
Definisi dari Keselamatan dan Kesehatan Kerja itu sendiri menurut OHSAS 18001:2007 dapat diartikan sebagai suatu kondisi dan faktor yang mempengaruhi atau akan mempengaruhi keselamatan dan kesehatan pekerja, termasuk di dalamnya adalah para pekerja kontrak dan kontraktor, tamu dan juga orang lain yang ada di tempat kerja.
Kemudian mengenai definisi dari Sistem Manajemen Kesehatan dan Keselamatan Kerja (SMK3), sesuai Permenaker No. PER.05/MEN/1996 dan juga OHSAS 18001:2007 dapat disimpulkan bahwa, SMK3 adalah suatu sistem manajemen yang terintegrasi untuk menjalankan dan mengembangkan kebijakan K3 yang telah ditetapkan oleh organisasi serta menanggulangi resiko bahaya yang mungkin terjadi di organisasi tersebut. 
Arthur Williams dan Richard, M. H.
”Resiko adalah suatu variasi dari hasil-hasil yang dapat terjadi selama periode tertentu”
A. Abas Salim
”Resiko adalah ketidaktentuan (uncertainty) yang mungkin melahirkan peristiwa kerugian (loss)”
Soekarto
”Resiko adalah ketidakpastian atas terjadinya suatu peristiwa”
Herman Darmawi
”Resiko adalah probabilitas suatu hasil yang berbeda dengan yang diharapkan”.
Prof Dr. Ir. Soemarno, M.S.
”Suatu kondisi yang timbul karena ketidakpastian dengan seluruh konsekuensi tidak menguntungkan yang mungkin terjadi disebut resiko”
Sri Redjeki Hartono
”Resiko adalah suatu ketidakpastian di masa yang akan datang tentang kerugian”
Subekti
"Resiko kewajiban memikul kerugian yang disebabkan karena sutau kejadian di luar kesalahan salah satu pihak”
Ahli Statistik
Resiko adalah derajat penyimpangan sesuatu nilai disekitar suatu posisi sentral atau di sekitar titik rata-rata.
Vaughan
Definisi risiko:
Risk is the chance of loss (Risiko adalah kans terjadinya kerugian).
Chance of loss berhubungan dengan suatu exposure (keterbukaan) terhadap kemungkinan kerugian. Dalam ilmu statistik, chance dipergunakan untuk menunjukkan tingkat probabilitas akan munculnya situasi tertentu. Sebagian penulis menolak definisi ini karena terdapat perbedaan antara tingkat risiko dengan tingkat kerugian. Dalam hal chance of loss 100%, berarti kerugian adalah pasti sehingga risiko tidak ada.
Risk is the possibility of loss (Risiko adalah kemungkinan kerugian).
Istilah possibility berarti bahwa probabilitas sesuatu peristiwa berada diantara nol dan satu. Namun, definisi ini kurang cocok dipakai dalam analisis secara kuantitatif.
Risk is uncertainty (Risiko adalah ketidakpastian).
Uncertainty dapat bersifat subjective dan objectiveSubjective uncertainty merupakan penilaian individu terhadap situasi risiko yang didasarkan pada pengetahuan dan sikap individu yang bersangkutan. Objective uncertainty akan dijelaskan pada dua definisi risiko berikut.
Kamus Besar Bahasa Indonesia
"Resiko adalah kemungkinan terjadinya peristiwa yang dapat merugikan perusahaan"
Isto
“Resiko adalah bahaya yang dapat terjadiakibat sebuah proses yang sedang berlangsung atau kejadian yang akan datang"

1 komentar: